Rabu, 16 Januari 2013

Bank Mandiri, Sahabat Terbaik Anda

Sebagai seorang nasabah Bank Mandiri selama bertahun - tahun, saya mendapatkan banyak manfaat yang diperoleh darinya. Karena selain Bank Mandiri termasuk dalam kategori Bank terbesar di Indonesia, seiring berjalannya waktu Bank Mandiri juga semakin memudahkan nasabahnya. Hal ini dapat dilihat dari semakin mudahnya mendapatkan cabang – cabang Bank Mandiri dan ATM Mandiri hampir disetiap kota di Indonesia. Dan jika saya pulang kampung atau mudik ke Cirebon, Tegal dan Pemalang, ATM Mandirilah yang paling mudah ditemukan. Dan tentunya dengan bergabungnya Bank Mandiri ke dalam ATM bersama, hal ini juga semakin memudahkan nasabah dalam melakukan proses transaksi dengan Bank Mandiri.

Dalam hal pelayanan kepada nasabah, saya beranggapan bahwa selain Bank Mandiri telah mengeluarkan banyak varian program yang ditawarkan seperti Mandiri KPR, Mandiri Tabungan Haji dan Tabungan Rencana Mandiri, hal ini juga ditunjang dengan pelayanan dari para staff Bank Mandiri yang selalu siap sedia dengan keramahannya untuk melayani para nasabahnya. Pernah satu kali saya mencoba membuka rekening di Bank lain, bisa dikatakan Bank besar juga di Indonesia, tapi customer servicenya tidak seramah Bank Mandiri, malah cenderung menggurui. Mungkin saya terlalu subjektif, tapi tidak dapat dipungkiri untuk membuat kesan pertama yang baik bagi pelanggan, juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.


Mandiri KTA merupakan salah satu layanan produk yang ditawarkan. Mandiri KTA merupakan Mandiri Kredit Tanpa Agunan, yang merupakan kredit tanpa agunan atau dengan kata lain tanpa jaminan yang diberikan Bank Mandiri kepada nasabah untuk berbagai keperluan, tentunya setelah nasabah memenuhi persyaratannya. Hal ini sangat memudahkan nasabah, karena Bank Mandiri tidak mensyaratkan jaminan yang harus nasabah berikan kepada Bank Mandiri.

Selain itu juga ada Mandiri KPR, dimana Mandiri KPR adalah Mandiri Kredit Pemilikan Rumah dimana Bank Mandiri memberikan kemudahan kepada nasabahnya untuk keperluan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, rukan yang dijual melalui developer atau non developer. Mandiri KPR menawarkan beragam fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, diantaranya adalah Mandiri KPR Duo, dimana Mandiri KPR Duo merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, rukan dalam kondisi baru sekaligus pembelian mobil, motor, furniture dan home appliances. Jadi dalam hal ini, nasabah dapat mencicil lebih dari satu hal sekaligus. Kemudian Mandiri KPR Take Over, merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pemindahan fasilitas kredit sejenis dari Bank lain dan mendapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan konsumtif. Dalam hal ini, kredit yang masih dalam tanggungan nasabah di Bank lain, dapat Bank Mandiri take over atau gantikan untuk cicilan ke Bank tersebut.

Ada lagi Mandiri KPR Top Up yang merupakan penambahan limit kredit atas fasilitas Mandiri KPR yang sudah berjalan (existing). Hal ini juga memudahkan nasabah jika hendak melakukan penambahan cicilan dalam hal membeli rumah, mobil ataupun cicilan apapun yang sejenisnya, karena Bank Mandiri membolehkan untuk melakukan penambahan limit kredit. Layanan produk KPR lainnya adalah Mandiri KPR Flexible yang merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, rukan dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel yaitu tersedianya rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu dari limit kredit yang diperoleh. Jadi Bank Mandiri sangat memudahkan nasabahnya untuk melakukan cicilan, karena Bank Mandiri flexible kepada nasabahnya dalam hal sistem pembayaran cicilan tersebut.

Layanan produk yang terakhir dari KPR adalah Bank Mandiri KPR Angsuran Berjenjang yang merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan hanya untuk keperluan pembelian rumah, dimana Bank Mandiri memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke - 3 sehingga pada tahun ke - 4 angsuran kembali normal. Dalam hal ini juga terlihat bahwa Bank Mandiri memang memudahkan nasabahnya dalam melakukan cicilan KPR.

Layanan produk lain pastinya adalah Mandiri Tabungan, dimana dengan setoran awal Rp. 500.000,- dan nasabah sudah dapat memiliki rekening di Bank Mandiri, dimana akan langsung diberikan Mandiri debit dan dapat langsung mempergunakan Mandiri debit sebagai kartu ATM dan kartu debit. Pembukaan rekening dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Mandiri. Mandiri tabungan juga memudahkan nasabah dapat melakukan autodebet, yang dapat membantu nasabah dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga nasabah terhindar dari tunggakan tagihan. Mandiri tabungan juga dapat melakukan Layanan Automatic Fund Transfer (AFT). Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu nasabah dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga tidak perlu khawatir kewajiban akan terlupakan.

Layanan produk lainnya adalah Mandiri Tabungan Rencana atau biasa disebut Tabungan Rencana Bank Mandiri (TRM) dimana tabungan ini memang dipersiapkan untuk masa depan terbaik. Caranya, nasabah hanya mendaftarkan dirinya disalah satu cabang Bank Mandiri, dan nasabah dapat menentukan jumlah uang yang akan di pindah bukukan ke rekening TRM disetiap bulannya dan juga menentukan tanggal penarikan. TRM berbunga dan tidak dikenakan biaya adminsitrasi dan TRM juga memberikan nasabah perlindungan asuransi. TRM tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar.

Syaratnya adalah nasabah harus memiliki rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro, setoran bulanan akan dilakukan secara otomatis dari rekening tersebut, sehingga nasabah cukup menjaga saldo pada tanggal yang ditentukan untuk dipindahkan otomatis ke rekening Mandiri Tabungan Rencana secara rutin tiap bulan. Jika nasabah tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka sistem secara otomatis akan menutup rekening Tabungan Rencana Mandiri tersebut.

Nasabah juga dapat mengubah jumlah setoran rutin bulanan sesuai keinginan. Misalnya, setoran rutin bulanan Rp. 200.000,- tapi pada suatu waktu nasabah bisa saja mengubah setoran rutin menjadi Rp. 400.000,- setiap bulan, atau setelah itu menguranginya menjadi Rp. 300.000,-. Jika terjadi ketidakmampuan  atau meninggal dunia, nilai pertanggungan yang akan diganti oleh pihak asuransi adalah rata-rata setoran 6 bulan terakhir sebelum klaim.

Mandiri Debit adalah fasilitas kartu dari Tabungan Mandiri atau Mandiri Giro yang memberikan nasabah keuntungan dan keleluasaan penggunaan seperti kartu kredit. Tidak repot membawa berbagai macam kartu untuk sekedar tarik tunai, bayar tagihan dan berbelanja. Jadi nasabah dapat memanfaatkan kartu Mandiri, kartu istimewa serbaguna yang dapat berfungsi sebagai kartu ATM sekaligus debit. Nasabah akan mendapat kemudahan transaksi setiap saat, dimanapun nasabah berada dan untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan transaksi keuangan dengan Bank Mandiri, seperti kemudahaan berbelanja di seluruh dunia, kemudahan untuk cek saldo dan tarik tunai di seluruh dunia, kemudahan untuk melakukan pembayaran dan juga pembelian di ATM Mandiri. Untuk lebih detail mengetahui persyaratan dan keuntungan dari setiap produk layanan yang ditawarkan, dapat dilihat di www.bankmandiri.co.id

Kegiatan yang dapat dilakukan melalui ATM Mandiri, diantaranya adalah penarikan tunai, perubahan PIN kartu Mandiri, cek saldo rekening, pembayaran – pembayaran seperti pembayaran listrik, pembayaran telepon, pembayaran pasca bayar, pembayaran isi ulang pulsa, pembayaran kartu kredit Mandiri, Visa dan Master serta pembayaran kartu kredit lainnya yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri. 

Hal lainnya adalah pembelian tiket airline, transfer antar rekening, cek mutasi rekening, pendaftaran fasilitas e-Banking yaitu SMS Banking, internet banking Mandiri, call Mandiri, cetak mutasi rekening dan masih banyak lagi layanan ATM lainnya. Bank Mandiri memberikan kemudahan bertransaksi dengan layanan perbankan 24 jam. Dengan kartu Mandiri, nasabah dapat mendaftarkan layanan perbankan 24 jam Mandiri di ATM Mandiri atau cabang Bank Mandiri, untuk mendapatkan fasilitas:

1. SMS Banking nasabah dapat memperoleh pemberitahuan otomatis transaksi via sms dan dapat bertransaksi melalui ponselnyA
2. Call Mandiri, nasabah dapat menikmati layanan perbankan Mandiri melalui telepon maupun ponsel ke 14000 atau (021) 52999 7777
3. Internet Banking Mandiri, nasabah akan mendapatkan layanan perbankan Mandiri melalui internet di website www.bankmandiri.co.id serta kenyamanan dan kemudahan bertransaksi diseluruh cabang Bank Mandiri

Saat ini Bank Mandiri juga bekerjasama dengan salah satu jasa belanja peripheral kebutuhan tekhnologi untuk melakukan belanja online. Bank Mandiri juga sering mengadakan promosi baik dalam hal kuliner, promosi pembelian tiket pesawat, promosi pembelian barang elektronik dan lain sebagainya. Bank Mandiri juga mengadakan program Mandiri Fiesta yaitu undian bagi para nasabah Mandiri dengan hadiah yang beragam dan menarik. 

Bank Mandiri telah mengeluarkan produk barunya yaitu e-mOney, dimana e-mOney adalah kartu prabayar multifungsi yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sebagai pengganti uang tunai untuk transaksi pembayaran di merchant yang telah bekerja sama, e-mOney merupakan re-brand dari Mandiri prabayar. Dengan nilai perdana Rp. 100.000,- dan maksimum Rp. 1.000.000,- nasabah sudah dapat menggunakan e-mOney. Untuk selanjutnya tidak ada minimum pengisian saldo e-mOney, tapi tidak boleh melebihi batas maksimumnya. Kartu e-mOney dapat melakukan transaksi sebelum saldo benar – benar 0 rupiah, tidak ada expired date dan tidak ada nilai minimum dalam berbelanja. Dapat diisi melalui ATM atau secara tunai dengan mendatangi cabang Bank Mandiri ataupun di merchant retail yang telah bekerja sama.

Transaksi yang dapat dilakukan dengan e-mOney diantaranya tol (Jabodetabek, Medan, Palikanci, Semarang dan Surabaya), parkir, pembelian tiket bus, pengisian BBM, belanja di toko retail dan restoran, tentunya yang sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri.

Bank Mandiri juga mendukung kegiatan wirausaha yang dinamakan Wirausaha Bank Mandiri Expo 2013 yang telah diadakan di JCC pada 17 - 20 Januari 2013 kemarin. Dimana Bank Mandiri mendukung anak muda untuk melakukan wirausaha. Dalam hal ini Bank Mandiri juga mengadakan lomba yaitu dengan vote wirausaha muda favorit di youtube Wirausaha Muda Bank Mandiri dan menyediakan berbagai hadiah menarik bagi yang mengikutinya. 



Segala hal mengenai detail Bank Mandiri dapat dilihat di www.bankmandiri.co.id dan saya tidak pernah menyesal memilih Bank Mandiri, seperti lirik soundtrack Bank Mandiri.. “Maukah kau tuk menjadi pilihanku, menjadi yang terbaik dalam hidupku. Maukah kau tuk menjadi yang pertama, yang slalu ada disaat pagi ku membuka mata..menjadi selamanya”. Pengisi soundtrack iklan Bank Mandiri juga favorit saya.

Saya memilih Bank Mandiri, karena selain merupakan salah satu Bank terbesar di Indonesia, saya juga semakin mudah menemukan ATM Mandiri. Mandiri juga memudahkan saya dalam bertransaksi tunai dan transfer, proses pembayaran tagihan – tagihan, pembayaran tiket, pengisian ulang pulsa, sms banking, e-banking dan TRM. Dan seperti hal lirik iklannya bahwa Bank Mandiri sudah menjadi pilihan, pastinya pilihan saya. Karena Bank Mandiri sudah membuktikan untuk senantiasa hadir, terus beinflasi membangun Indonesia yang Mandiri. Dan apapun keinginannya, Bank Mandiri saja.


"Sahabat terdiri dari 2 hal, mengerti dan menerima".
Salam.








2 komentar:

  1. Maju terus mbak semoga menang dan salam sukses!! ( ^▽^)-b

    http://tijex-music.blogspot.com/2013/01/aku-lebih-mandiri-bersama-bank-mandiri.html

    BalasHapus
  2. samasamaa.. mandiri memang wowkey yaa.. aku berkunjung jg ke blog mu :)

    BalasHapus