Dalam hal
pelayanan kepada nasabah, saya beranggapan bahwa selain Bank Mandiri telah mengeluarkan
banyak varian program yang ditawarkan seperti Mandiri KPR, Mandiri Tabungan
Haji dan Tabungan Rencana Mandiri, hal ini juga ditunjang dengan pelayanan dari
para staff Bank Mandiri yang selalu siap sedia dengan keramahannya untuk
melayani para nasabahnya. Pernah satu kali saya mencoba membuka rekening di Bank
lain, bisa dikatakan Bank besar juga di Indonesia, tapi customer servicenya tidak seramah Bank Mandiri, malah cenderung
menggurui. Mungkin saya terlalu subjektif, tapi tidak dapat dipungkiri untuk
membuat kesan pertama yang baik bagi pelanggan, juga merupakan hal yang penting
untuk dilakukan.
Mandiri KTA merupakan salah satu layanan produk yang
ditawarkan. Mandiri KTA merupakan Mandiri
Kredit Tanpa Agunan, yang merupakan kredit tanpa agunan atau dengan kata
lain tanpa jaminan yang diberikan Bank Mandiri kepada nasabah untuk berbagai
keperluan, tentunya setelah nasabah memenuhi persyaratannya. Hal ini sangat memudahkan
nasabah, karena Bank Mandiri tidak mensyaratkan jaminan yang harus nasabah
berikan kepada Bank Mandiri.
Selain itu juga
ada Mandiri KPR, dimana Mandiri KPR adalah Mandiri Kredit Pemilikan Rumah dimana Bank Mandiri memberikan kemudahan kepada
nasabahnya untuk keperluan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, rukan yang
dijual melalui developer atau non developer.
Mandiri KPR menawarkan beragam fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda,
diantaranya adalah Mandiri KPR Duo, dimana Mandiri KPR Duo
merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah
tinggal, apartemen, ruko, rukan dalam kondisi baru sekaligus pembelian mobil,
motor, furniture dan home appliances. Jadi dalam hal ini, nasabah dapat mencicil
lebih dari satu hal sekaligus. Kemudian Mandiri KPR Take Over, merupakan
fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pemindahan fasilitas kredit
sejenis dari Bank lain dan mendapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan
konsumtif. Dalam hal ini, kredit yang masih dalam tanggungan nasabah di Bank
lain, dapat Bank Mandiri take over
atau gantikan untuk cicilan ke Bank tersebut.
Ada lagi Mandiri KPR
Top Up yang merupakan penambahan limit kredit atas fasilitas Mandiri
KPR yang sudah berjalan (existing). Hal
ini juga memudahkan nasabah jika hendak melakukan penambahan cicilan dalam hal
membeli rumah, mobil ataupun cicilan apapun yang sejenisnya, karena Bank Mandiri
membolehkan untuk melakukan penambahan limit kredit. Layanan produk KPR lainnya adalah Mandiri KPR Flexible yang merupakan
fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah
tinggal, apartemen, ruko, rukan dengan sistem pembayaran angsuran yang
fleksibel yaitu tersedianya rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu
dari limit kredit yang diperoleh. Jadi Bank Mandiri sangat memudahkan
nasabahnya untuk melakukan cicilan, karena Bank Mandiri flexible kepada nasabahnya dalam hal sistem pembayaran cicilan
tersebut.
Layanan produk yang terakhir dari KPR adalah Bank Mandiri KPR Angsuran Berjenjang
yang merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan hanya untuk keperluan
pembelian rumah, dimana Bank Mandiri memberikan keringanan berupa penundaan
pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke - 3 sehingga pada tahun ke -
4 angsuran kembali normal. Dalam hal ini juga terlihat bahwa Bank Mandiri
memang memudahkan nasabahnya dalam melakukan cicilan KPR.
Layanan produk lain
pastinya adalah Mandiri Tabungan, dimana dengan setoran awal Rp. 500.000,- dan nasabah
sudah dapat memiliki rekening di Bank Mandiri, dimana akan langsung diberikan Mandiri
debit dan dapat langsung mempergunakan Mandiri debit sebagai kartu ATM dan
kartu debit. Pembukaan rekening dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Mandiri.
Mandiri tabungan juga memudahkan nasabah dapat melakukan autodebet, yang dapat membantu nasabah dalam melakukan pembayaran berbagai
tagihan rutin bulanan seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap
bulannya sehingga nasabah terhindar dari tunggakan tagihan. Mandiri tabungan juga
dapat melakukan Layanan Automatic
Fund Transfer (AFT). Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena
membantu nasabah dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada
keluarga atau mitra bisnis sehingga tidak perlu khawatir kewajiban akan
terlupakan.
Layanan produk
lainnya adalah Mandiri Tabungan Rencana atau biasa disebut Tabungan Rencana Bank Mandiri (TRM) dimana tabungan
ini memang dipersiapkan untuk masa depan terbaik. Caranya, nasabah
hanya mendaftarkan dirinya disalah satu cabang Bank Mandiri, dan nasabah dapat menentukan jumlah
uang yang akan di pindah bukukan ke rekening TRM disetiap bulannya dan juga menentukan
tanggal penarikan. TRM berbunga dan tidak dikenakan biaya adminsitrasi dan TRM juga memberikan nasabah perlindungan asuransi. TRM tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar.
Syaratnya adalah nasabah harus memiliki
rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro, setoran bulanan akan dilakukan
secara otomatis dari rekening tersebut, sehingga nasabah cukup menjaga saldo
pada tanggal yang ditentukan untuk dipindahkan otomatis ke rekening Mandiri
Tabungan Rencana secara rutin tiap bulan. Jika nasabah
tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka sistem secara
otomatis akan menutup rekening Tabungan Rencana Mandiri tersebut.
Nasabah juga
dapat mengubah jumlah setoran rutin bulanan sesuai keinginan. Misalnya, setoran rutin bulanan Rp.
200.000,- tapi pada suatu waktu nasabah bisa saja mengubah setoran rutin
menjadi Rp. 400.000,- setiap bulan, atau setelah itu menguranginya menjadi Rp. 300.000,-. Jika terjadi ketidakmampuan atau meninggal dunia, nilai pertanggungan yang
akan diganti oleh pihak asuransi adalah rata-rata setoran 6 bulan terakhir
sebelum klaim.
Mandiri Debit adalah fasilitas
kartu dari Tabungan Mandiri atau Mandiri Giro yang memberikan nasabah
keuntungan dan keleluasaan penggunaan seperti kartu kredit. Tidak repot membawa berbagai macam
kartu untuk sekedar tarik tunai, bayar tagihan dan berbelanja. Jadi nasabah
dapat memanfaatkan kartu Mandiri, kartu istimewa serbaguna yang dapat berfungsi
sebagai kartu ATM sekaligus debit. Nasabah akan mendapat kemudahan transaksi
setiap saat, dimanapun nasabah berada dan untuk segala aktivitas yang
berhubungan dengan transaksi keuangan dengan Bank Mandiri, seperti kemudahaan
berbelanja di seluruh dunia, kemudahan untuk cek saldo dan tarik tunai di
seluruh dunia, kemudahan untuk melakukan pembayaran dan juga pembelian di ATM Mandiri.
Untuk lebih detail mengetahui persyaratan dan keuntungan dari setiap produk
layanan yang ditawarkan, dapat dilihat di www.bankmandiri.co.id
Kegiatan yang dapat dilakukan melalui ATM Mandiri,
diantaranya adalah penarikan tunai, perubahan PIN kartu Mandiri, cek saldo
rekening, pembayaran – pembayaran seperti pembayaran listrik, pembayaran telepon,
pembayaran pasca bayar, pembayaran isi ulang pulsa, pembayaran kartu kredit Mandiri,
Visa dan Master serta pembayaran kartu kredit lainnya yang telah bekerjasama
dengan Bank Mandiri.
Hal lainnya adalah pembelian tiket airline, transfer antar rekening, cek mutasi
rekening, pendaftaran fasilitas e-Banking yaitu SMS Banking, internet banking Mandiri,
call Mandiri, cetak mutasi rekening
dan masih banyak lagi layanan ATM lainnya. Bank Mandiri
memberikan kemudahan bertransaksi dengan layanan perbankan 24 jam. Dengan kartu Mandiri,
nasabah dapat mendaftarkan layanan perbankan 24 jam Mandiri di ATM Mandiri atau
cabang Bank Mandiri, untuk mendapatkan fasilitas:
1. SMS Banking nasabah dapat memperoleh pemberitahuan otomatis
transaksi via sms dan dapat bertransaksi melalui ponselnyA
2. Call Mandiri, nasabah dapat menikmati layanan
perbankan Mandiri
melalui telepon maupun ponsel ke 14000 atau (021) 52999 7777
3. Internet Banking
Mandiri, nasabah akan mendapatkan layanan perbankan Mandiri melalui internet di website www.bankmandiri.co.id serta kenyamanan dan kemudahan bertransaksi
diseluruh cabang Bank Mandiri
Saat ini Bank
Mandiri juga bekerjasama dengan salah satu jasa belanja peripheral kebutuhan
tekhnologi untuk melakukan belanja online.
Bank Mandiri juga sering mengadakan promosi baik dalam hal kuliner, promosi pembelian tiket pesawat, promosi pembelian barang elektronik dan lain sebagainya.
Bank Mandiri juga mengadakan program Mandiri Fiesta yaitu undian bagi para
nasabah Mandiri dengan hadiah yang beragam dan menarik.
Bank Mandiri
telah mengeluarkan produk barunya yaitu e-mOney, dimana e-mOney adalah kartu
prabayar multifungsi yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sebagai pengganti uang tunai
untuk transaksi pembayaran di merchant yang telah bekerja sama, e-mOney
merupakan re-brand dari Mandiri prabayar. Dengan nilai perdana Rp. 100.000,-
dan maksimum Rp. 1.000.000,- nasabah sudah dapat menggunakan e-mOney. Untuk
selanjutnya tidak ada minimum pengisian saldo e-mOney, tapi tidak boleh melebihi
batas maksimumnya. Kartu e-mOney dapat melakukan transaksi sebelum saldo benar
– benar 0 rupiah, tidak ada expired date dan
tidak ada nilai minimum dalam berbelanja. Dapat diisi melalui ATM atau secara
tunai dengan mendatangi cabang Bank Mandiri ataupun di merchant retail yang
telah bekerja sama.
Transaksi yang
dapat dilakukan dengan e-mOney diantaranya tol (Jabodetabek, Medan, Palikanci,
Semarang dan Surabaya), parkir, pembelian tiket bus, pengisian BBM, belanja di toko retail dan restoran, tentunya yang sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri.
Bank Mandiri juga
mendukung kegiatan wirausaha yang dinamakan Wirausaha Bank Mandiri Expo 2013 yang telah diadakan di JCC pada 17
- 20 Januari 2013 kemarin. Dimana Bank Mandiri mendukung anak muda untuk
melakukan wirausaha. Dalam hal ini Bank Mandiri juga mengadakan lomba yaitu
dengan vote wirausaha muda favorit di youtube
Wirausaha Muda Bank Mandiri dan
menyediakan berbagai hadiah menarik bagi yang mengikutinya.
Segala hal
mengenai detail Bank Mandiri dapat dilihat di www.bankmandiri.co.id dan
saya tidak pernah menyesal memilih Bank Mandiri, seperti lirik soundtrack Bank Mandiri.. “Maukah kau tuk menjadi pilihanku, menjadi
yang terbaik dalam hidupku. Maukah kau tuk menjadi yang pertama, yang slalu ada
disaat pagi ku membuka mata..menjadi selamanya”. Pengisi soundtrack iklan Bank Mandiri juga
favorit saya.
Saya memilih Bank
Mandiri, karena selain merupakan salah satu Bank terbesar di Indonesia, saya
juga semakin mudah menemukan ATM Mandiri. Mandiri juga memudahkan saya dalam
bertransaksi tunai dan transfer, proses pembayaran tagihan – tagihan, pembayaran
tiket, pengisian ulang pulsa, sms banking,
e-banking dan TRM. Dan seperti hal lirik iklannya bahwa Bank Mandiri sudah
menjadi pilihan, pastinya pilihan saya. Karena Bank Mandiri sudah membuktikan
untuk senantiasa hadir, terus beinflasi membangun Indonesia yang Mandiri. Dan apapun keinginannya, Bank Mandiri saja.
"Sahabat terdiri dari 2 hal, mengerti dan menerima".
Salam.
Maju terus mbak semoga menang dan salam sukses!! ( ^▽^)-b
BalasHapushttp://tijex-music.blogspot.com/2013/01/aku-lebih-mandiri-bersama-bank-mandiri.html
samasamaa.. mandiri memang wowkey yaa.. aku berkunjung jg ke blog mu :)
BalasHapus